Mahasiswa ULM Lolos Pendanaan PKM-PM dari Kemendikbudristek

TARGETPOST NET @¬°Banjarmasin. Lagi-lagi mahasiswa Fakultas Hukum ULM menjadi kebanggaan Universitas Lambung Mangkurat. Perasaan senang dan penuh gembira dirasakan Suci Utami, SH, MH, M.Han atas perolehan Mahasiswa bimbingannya mendapatkan pendanaan PKM-PM program Kemendikbudristek tahun 2024 ini. Ungkap Suci ke awak media (Selasa,28/5/2024)

Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) adalah program dari Kemendikbudristek untuk meningkatkan mutu mahasiswa di perguruan tinggi agar kelak dapat menjadi anggota masyarakat yang memiliki kemampuan akademis dan profesional yang dapat menerapkan, mengembangkan dan meyebarluaskan ilmu pengetahuan, teknologi, dan kesenian serta memperkaya budaya nasional melalui salah satu skema PKM Pengabdian Masyarakat.

“Tim Mahasiswa yang lolos pendanaan PKM-PM adalah Tim Ranger Himung yang berasal dari Fakultas Hukum ULM, yaitu Noor Hafizah, Tajmila, Muhammad Abdi Rahman, dan Davin Alroy. Tim Ranger Himung mengangkat judul “Ranger Himung: Mitigasi Kenakalan Remaja Melalui Peningkatan Resiliensi Hukum dengan Media Tutur Carita (Madihin) di SMPN 3 Banjarmasin” yang mana Ranger Himung adalah akronim dari Regu Aksi Nyata Generasi Remaja Harmonis, Inklusif, Mandiri, dan Unggul.” Jelasnya.

Pelaksanaan PKM diimplementasikan dengan 4 Seri Workshop yang diadakan pada tanggal 27-30 Mei 2024 bertempat di SMPN 3 Banjarmasin. Workshop ini diikuti oleh 50 siswa dari perwakilan kelas 7 dan 8 yang disebut sebagai “Ranger”. Di awal sesi workshop selalu dibuka dengan Syair Madihin yang diharapkan dapat menghibur dan memperkenalkan budaya khas Banjar kepada para siswa. “Kegiatan ini diharapkan dapat menumbuhkan resiliensi hukum pada remaja awal agar bisa menjadi generasi emas di masa depan dengan materi Harmonisasi, Inklusivitas, Kompas Norma Remaja Mandiri, serta Aksi Unggul Bela Negara yang kami kemas dengan madihin dan workshop yang interaktif,” tutur Noor Hafizah, Ketua Tim PKM.

Kegiatan PKM ini juga merupakan implementasi nyata dari Tri Dharma Perguruan Tinggi yaitu Pengabdian Kepada Masyarakat. Selain memberikan manfaat kepada mitra, PKM juga melatih para mahasiswa untuk berpikir kreatif dan berkolaborasi dengan baik bersama dosen pendamping. Dengan demikian, program ini juga meningkatkan softskills dan hardskills bagi para mahasiswa.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *